Fungsi Logika Pada Excel

Fungsi IF adalah fungsi logika dalam Microsoft Excel yang sering digunakan karena kemudahan penggunaannya untuk menyelesaikan pernyataan yang berhubungan dengan Logika.

1. Fungsi Logika IF

Fungsi Logika terkenal sebagai fungsi IF, yang kegunaannya untuk mendefinisikan / mengisi suatu Cell berdasarkan Cell yang lain  atau kriteria tertentu, adapun rumusnya adalah:

=IF ( Logical Test; Value if True; Value IF False )

Contoh :

FUNGSI LOGIKA

 

Pada kolom keterangan kita akan memasukkan rumus jika kolom jenjang usia dewasa maka keterangan “10000” Jika kolom jenjang usia anak-anak tidak dengan kolom biaya karcis maka akan muncul keterangan “5000”. Caranya adalah dengan memasukkan rumus berikut:

– Pada cell F5 masukkan rumus: =IF(D5<=7;5000;10000)

– Pada cell D3 masukkan rumus: =IF(D6<=7;5000;10000)

– Pada cell D4 masukkan rumus: =IF(D7<=7;5000;10000)

 

2. Fungsi IF dengan Dua Tes Logika Fungsi IF

dengan dua tes logika ini adalah untuk menentukan data dengan menggunakan dua kriteria tes.

Contoh Menghitung gaji karyawan:
FUNGSI AND OR

Dengan ketentuan:

Jika nilai 80 – 100 = A

Jika nilai 70 – 79 = B

Jika nilai 60 – 69 = C

Jika nilai 50 – 59 = D

Penulisan rumus untuk menghitung gaji karyawan adalah dengan masukkan rumus berikut pada cell

D2; =IF(OR(D7 “S1”;C2<3);900000;IF(OR(“S1″;C2>=3);1200000;IF(OR(=”D3″;C2<3); 650000;IF(OR(=”D3″;C2>=3);850000;””))))

Selanjutnya lakukan drag drop (klik tahan geser) ke bawah mulai dari pojok kiri bawah pada kolom D2 untuk mengcopy rumus ke baris berikutnya (D3 s.d D4)

Sekian dan terimkasih, semoga bermanfaat 🙂

 

 


Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *