Fungsi-Fungsi Ms Excel

 

Fungsi Aritmatika sangat penting untuk membantu pekerjaan dalam Ms. Excel, Berikut beberapa fungsi-fungsi di Excel :

1. FUNGSI SUM

Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. PenulisanFUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.

Fungsi Sum

Kita gunakan Fungsi Sum untuk menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari B2 sampai ke B11, sehingga Penulisan Fungsi Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

= SUM ( B2 : B11)

Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam Microsoft Excel.

2. FUNGSI AVERAGE

Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah Fungsi yang digunakan untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.

Average

Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.

= Average ( B2:B11)

Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.

3. FUNGSI MAX

Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )

Fungsi Max

Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

 

= Max ( B2 : B11)

 

Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya adalah menekan enter.

4. FUNGSI MIN

Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Exceladalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )

= Min ( B2 : B11)

Fungsi Min

5. FUNGSI COUNT

RUMUS : =COUNT(RANGE)
Adalah Rumus untuk menghitung banyak angka ( hanya angka ) bisa juga huruf atau simbol dalam sebuah barisan cell.

Misalnya anda ingin menghitung berapa jumlah data dari table dibawah ini.

Fungsi Count

Fungsi COUNT menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Gunakan fungsi COUNT untuk mendapatkan jumlah entri di bidang angka yang ada dalam rentang atau larik angka. Misalnya, Anda bisa memasukkan rumus berikut untuk menghitung angka dalam rentang A1:A20: =COUNT(A1:A20). Dalam contoh ini, jika ada lima sel dalam rentang berisikan angka, hasilnya adalah 8.

selesai…
semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua ya…
and good luck:)

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *